Rekayasa Perangkat Lunak

PROFIL JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

SMK TI GARUDA NUSANTARA CIMAHI

 

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (software engineering) merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di SMK TI GARUDA NUSANTARA dari tahun ke tahun, hal ini terbukti adanya antusias calon peserta didik baru untuk memilih jurusan RPL dengan jumlah peserta didik yang setiap angkatannya berada di antara 100-150 peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa RPL merupakan jurusan yang memiliki potensi yang dapat bermanfaat dimasa yang akan datang.

 

POTENSI PENGAJAR PRODUKTIF

Kegiatan diklat,pelatihan,seminar,workshop dan kegiatan pendidikan lainnya yang diikuti oleh para guru khususnya pengajar produktif,merupakan triger utama untuk meningkatkan skill yang nantinya dapat diterapkan kepada peserta didik,sehingga terbukti jurusan RPL selalu memunculkan human resources yang berprestasi.

 

PRESTASI PESERTA DIDIK

Prestasi peserta didik jurusan RPL setiap tahun selalu ada diantaranya :

  1. Nilai UN terbesar diantara jurusan yang lain.
  2. Menjuarai beberapa event yang programming skill diantaranya : Juara 2 Blog Design Competition diselengarakan tahun 2016 oleh UNJANI yang diwakili oleh sdr. M. Iqbal Nurjaman dan sdr. M. Chairil, Juara 2 Blog Design Competition diselengarakan tahun 2017 oleh UNJANI yang diwakili oleh sdr. Indra dan sdr. Rifki, juara 1 DESIGN WEB yang diselengarakan tahun 2019 oleh UNJANI yang diwakili oleh sdr. Bayu Rifki Alghifari dan sdr. Radya Wiguna.
  3. Serta kegiatan diluar bidang seperti dalam hal olah raga, dan juara 1 Aksana Nasional dalam rangka memperingati hari AKSARA NASIONAL yang diwakili oleh sdri. Afifah Nurul Fitriani.



KAJIAN MATERI PELAJARAN

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Jurusan RPL mencoba untuk selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik kepada peserta didiknya salah satunya dalam PBM. Selain merujuk kepada aturan pembelajaran yang sudah ketetapkan oleh pemerintah, jurusan RPL pun terus mencoba mengeksplor base knowlege dengan mengikuti perkembangan zaman terutama untuk pelajaran-pelajaran produktif.

Pelajaran produktif merupakan urat nadi dari jurusan RPL, karena pelajaran produktif merupakan pelajaran yang dapat menghasilkan nilai-nilai kompeten yang memiliki kompetensi sehingga diharapkan mempunyai sale value dimasa yang akan datang.

Beberapa materi pelajaran yang sifatnya pelajaran produktif yang dapat diikuti oleh peserta didik selama 3 tahun di jurusan RPL diantaranya :

 

  1. PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X :
  • Algoritma dan Pemrograman Dasar (VB,Android); dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu pemrograman tingkat dasar yang dipadukan dengan ilmu Algoritma, karena antara pemrograman dan algoritma tidak bisa dipisahkan, sehingga setelah peserta didik mempelajarinya peserta didik dapat mempunyai pemikiran yang logis dan serta dapat menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan terutama dalam penerapannya pada sebuah program.
  • Simulasi dan Komunikasi Digital (SIMKOMDIG) ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu bagaimana berperilaku dalam dunia maya, menggunakan fasilitas internet serta hukum-hukum yang ada di dunia maya. Dengan demikian peserta didik bisa memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin dan bisa menjadi seorang warga digital yang selalu mematuhi aturan yang ada di dunia maya, sehingga kita bisa terhindar dari kejahatan yang ada di dunia maya.
  • Sistem Komputer ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu tentang hardware, software, brainware pada sebuah computer, serta peserta didik dapat mengetahui bagaimana kinerja pada sebuah computer.
  • Komputer dan Jaringan Dasar; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu computer networking sehingga peserta didik dapat membuat, mengerti dan memahami sebuah jaringan computer baik secara local maupun global.
  • Dasar Desain Grafis ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu desain yang dapat diimplementasikan pada sebuah desain pemrograman terutama pada sebuah interface sehingga aplikasi yang di buat lebih “eye catching” 

 

    2. PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XI :

  • Pemodelan Perangkat Lunak; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu untuk menganalisis sebuah aplikasi yang diimplementasikan pada sebuah pemodelan, sehingga aplikasi yang dibuat lebih terstruktur, terarah dan sesuai dengan rancangan.
  • Pemrograman Berorientasi Objek (Java) ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu pemrograman dengan bahasa pemrograman JAVA.
  • Pemrograman WEB (HTML, PHP, CI) ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu pemrograman dengan bahasa pemrograman WEB, sehingga peserta didik dapat membangun sebuat situs internet yang lebih intaktif.
  • Pemrograman Perangkat Bergerak (Android) ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu pemrograman Android yang memfokuskan ke perangkat bergerak salah satunya adalah membuat aplikasi pada sebuah handphone.
  • Basis Data; Basis Data; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu tentang pengolahan data pada sebuah konsep computer system, sehingga data di diproses menjadi sebuah informasi yang berguna bagi yang membutuhkannya.
  • Produk Kreatif dan Kewirusahaan ; dalam pelajaran ini peserta didik akan dibekali ilmu dalam hal pengembagan diri untuk lebih kreatif dan mempunyai jiwa wirausaha, sehingga peserta didik selelah lulus dapat mengembangkan dirinya dengan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.



    3. PRODUKTIF KELAS XII :

  1. Pemrograman Berorientasi Objek (Java)
  2. Pemrograman WEB (HTML, PHP, CI)
  3. Pemrograman Perangkat Bergerak (Android)
  4. Produk Kreatif dan Kewirusahaan
  5. Basis Data

Pelajaran di kelas XII pada dasarnya sama dengan kelas XI, yang membedakannya adalah kajian dan isi dari materi mebih luas dan lebih kompleks, sehingga peserta didik dibekali dengan ilmu yang siap untuk diimplementasi pada sebuah project yang sesungguhnya.



UJIKOM (UJI KOMPETENSI)

valuasi sejauh mana skill peserta didik dalam membuat sebuah project programming yang kompeten. Dalam pelaksanaan UJIKOM ini jurusan RPL melibatkan DUDI/ Perusahaan yang berkompeten di bidangnya. Adapun salah satu Perusahaan yang menjadi Assesor dalam kegitan UJIKOM di jurusan RPL adalah QIVA PROJECTS dan PT. KUBUS.

 

KUNJUNGAN INDUSTRI (KUNJI)

KUNJI (Kunjungan Industri), dengan adanya kegiatan KUNJI ini diharapkan peserta didik dapat melihat langsung bagaimana pengimplementasian ilmu-ilmu RPL di dunia industri atau perusahaan. Dunia industri atau Perusahaan yang menjadi target KUNJI tentunya yang sejalur dengan jurusan dan kompetensi RPL, beberapa tempat KUNJI yang menjadi rekomendasi adalah :

  1. Software Seni
  2. Gamatechno
  3. Gameloft
  4. Jogja Digital Valey
  5. PT.AINO
  6. Global Intermedia
  7. STMIK Amikom Yogyakarta
  8. dll

 

PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

Lulusan jurusan RPL SIAP KERJA, hal ini ditunjang dengan adanya salah satu kegiatan yang disebut dengan PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN). PRAKERIN yang diikuti oleh peserta didik RPL dilakukan kurang lebih selama 3 bulan ditempatkan di dunia industry atau perusahaan yang sudah kerjasama dengan pihak sekolah. Adapun tujuan dari PRAKERIN ini adalah untuk memberikan pelajaran secara langsung kepada peserta didik yang berhubungan dengan dunia kerja karena ketika peserta didik melakukan PRAKERIN maka secara langsung peserta didik tersebut bagian dari dunia industri atau perusahaan tersebut. Sehingga peserta didik tersebut mempunyai skill, knowledge, attidude yang baik, sehingga peserta didik mempunyai bekal untuk terjun didunia kerja ketelah lulus sekolah.

Adapun beberapa tempat PRAKERIN yang menjadi rekomendasi peserta didik diantaranya :

KBB BANDUNG BARAT, STMIK MI, BPN RI, PT. ALKINDO NARATAMA, BP BI ABIYOSO CIMAHI, BITC CCA CIMAHI/ BAROS, FS Indonesia, CV. Jagad Creative, PT Dirgantara Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, Gamma Solution, Jamparing Masagi, PT. Kereta Api Indonesia, CV REGENCY, Pemerintah Kota Cimahi, DPRD Kabupaten Bandung Barat, Kementrian Argraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, PT. Bank Perkreditan Rakyat, Pusdikhub Kodiklat, PT. Waditra Reka Cipta Bandung, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Angkasa Pura II, KOPERASI KREDIT MITRA SEJAHTERA Al Irsyad Satya Islamic School, PT. TECHNO Multi Utama, Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Barat Resor Cimahi, Kodiklat Angkatan Darat, TERAS Jabar PT. Bank OCBC NISP, Tbk, Pemerintahan Kabupaten Bandung dll.

 

PELUANG DUNIA KERJA

Rekayasa Perangkat Lunak dengan ciri khasnya pemrograman (codding) tentunya tidak akan pernah surut terutama dalam dunia kerja, sampai kapan pun akan selalu dibutuhkan,sehingga peluang kerja yang didasarkan programming skill selalu terbuka lebar disemua bidang diantaranya bidang pendidikan, komunikasi, keuangan, ekonomi, manajemen, kesehatan, transfortasi, pertelevisian, militer dll.



LULUSAN

SMK TI GARUDA NUSANTARA khususnya jurusan RPL setiap tahun meluluskan kurang lebih 150 peserta didik, dan hasil followup serta survei lulusan, secara bertahap alumni memiliki kesempatan untuk bersaing didunia kerja dan tidak sedikit dapat di terima di beberapa perusahaan bahkan ada pula yang diterima di kepolisian dan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Jurusan RPL yang di bantu oleh tim HUBIN dan Bursa Kerja Khusus (BKK) selalu memberikan informasi-informasi tentang LOWONGAN KERJA dan tidak sedikit ada beberapa perusahaan me-request peserta didik jurusan RPL untuk dapat bergabung di purusahannya dan ditempatkan di bidang IT khususnya.



ORGANISASI PESERTA DIDIK

Peserta didik jurusan RPL tidak hanya difokuskan dalam hal PBM dikelas saja, tetapi mereka dapat lebih menggali potensi pribadinya dengan bergabung dalam sebuah organisasi yang disebut dengan HIMPUNAN SISWA RPL dan CODE-X, dengan ada fasilitas organisasi ini lah peserta didik lebih akrab dengan adik/kakak kelasnya dan sekaligus menjadi forum untuk saling bertukarpikiran, sharing dan mengeksplor materi-materi pelajaran yang mereka anggap sulit terutama untuk pelajaran produktif. Kegiatan ini tentunya melibatkan guru, terutama guru-guru produktif yang berkompeten dibidangnya.